Pasca-ACFTA, ASEAN jajaki dengan Jepang

Jum'at, 8 Juli 2011 | 12:57 WIB ET

KUALA LUMPUR, kabarbisnis.com: Setelah ASEAN-China Free Trade Agreement (ACFTA), ASEAN bakal menjajaki kerja sama serupa dengan Jepang. Para menteri dari ASEAN dan Jepang bersama para pelaku bisnis akan memulai pembicaraan pada Jumat (8/7/2011) untuk membicarakan rencana perdagangan bebas tersebut.

Pebisnis ASEAN dan Kamar Dagang dan Industri Jepang meminta pejabat terkait untuk bergabung dengan mereka pada pertemuan tahunan dua hari di Kuala Lumpur, Malaysia, demikian seperti dikutip dari AFP. Pertemuan itu akan membahas upaya memangkas hambatan investor Jepang dalam berbisnis di ASEAN.

"Para pihak terkait diharapkan untuk membicarakan pelaksanaan Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN serta cara-cara untuk mengatasi hambatan perdagangan dalam rangka meningkatkan kerja sama ekonomi," demikian pernyataan Kementerian Perdagangan Malaysia.

Rencana ini diharapkan bisa meningkatkan investasi Jepang ke kawasan ASEAN. Jepang selama ini masih menjadi sumber utama investasi asing langsung (FDI) di negara-negara ASEAN. Pada 2009, FDI Jepang di ASEAN mencapai US$5,2 miliar. Nilai perdagangan antara ASEAN dan Jepang pada 2010 mencapai US$220 miliar dollar AS, naik dari 2009 sebesar US$160,9 miliar. kbc9

Bagikan artikel ini: