Akhirnya Kamboja kini punya bursa saham

Selasa, 12 Juli 2011 | 09:07 WIB ET
Gambar Pangeran Kamboja di jalanan Phnom Penh (dok. kabarbisnis.com)
Gambar Pangeran Kamboja di jalanan Phnom Penh (dok. kabarbisnis.com)

PHNOM PENH, kabarbisnis.com: Kamboja akhirnya kini mempunyai bursa saham nasional. Bursa saham negara kerajaan itu diluncurkan pada Senin (11/7/2011). Keberadaan bursa saham ini diharapkan bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Namun, meski sudah diumumkan, ternyata perdagangannya belum bisa dilakukan pada saat ini karena ada beberapa hal yang mengharuskan adanya penundaan.

Menteri Ekonomi dan Keuangan Kamboja Chhon Keat mengatakan, peluncuran bursa saham merupakan momen bersejarah bagi Kamboja. "Peluncuran bursa saham jelas mencerminkan bahwa Kamboja telah bergerak maju ke panggung lain dalam pembangunan sektor keuangan," katanya sembari menggambarkan Cambodia Stock Exchange (CSX).

Operasi CSX rencananya akan dimulai sebelum akhir tahun ini. Kamboja menandatangani kesepakatan untuk mendirikan pasar saham yang merupakan perusahaan patungan antara pemerintah dan bursa saham Korea Selatan pada 2008. Semula, bursa saham ditargetkan dibuka pada 2009, namun hingga kini tertunda karena penurunan ekonomi global dan hambatan regulasi. kbc9

Bagikan artikel ini: