Jelang Lebaran, penukaran uang akan naik 10%

Kamis, 14 Juli 2011 | 17:56 WIB ET
(dok. kabarbisnis.com)
(dok. kabarbisnis.com)

SURABAYA, kabarbisnis.com: Menjelang Ramadan dan Lebaran, penukaran uang berdenominasi kecil (di bawah Rp20.000) di kawasan Surabaya, Jawa Timur, diprediksi meningkat 10% dibanding tahun lalu yang mencapai Rp81 miliar.

"Yang jelas, kami sudah menyiapkan diri. Lebaran tahun ini bisa lebih besar karena kebutuhan masyarakat semakin meningkat," ujar Deputi Pemimpin Bidang Sistem Pembayaran Bank Indonesia Surabaya, Hamid Ponco Wibowo, di Surabaya, Kamis (14/7/2011).

Dia mengatakan, setiap menjelang Lebaran, kebutuhan terhadap uang kartal memang meningkat pesat, terutama uang pecahan kecil di bawah denominasi Rp20.000. "Selain untuk transaksi berbagai kebutuhan puasa dan Lebaran, peningkatan kebutuhan uang tunai ini juga terkait dengan tradisi atau kultur masyarakat untuk memberikan buah tangan kepada kerabat ketika silaturahim Lebaran," jelasnya.

Untuk mengatur mekanisme penukaran uang dan menghindari calo, BI juga akan menggandeng lembaga perbankan, termasuk BPR, untuk bisa melayani penukaran uang kecil. kbc5

Bagikan artikel ini: