CIMB Niaga Syariah rilis ulang Gadai Emas

Selasa, 16 Agustus 2011 | 00:24 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk merilis ulang dua produk Gadai Emas iB, yakni Gadai Emas iB X-Tra dan Gadai Emas iB Preferred. Selain itu, CIMB Niaga Syariah juga meluncurkan program Direct Gift untuk nasabah Gadai Emas iB CIMB Niaga Syariah. Sejumlah inisiatif ini dilakukan untuk meningkatkan pembiayaan syariah CIMB Niaga melalui skema Gadai Emas iB.

"Relaunch produk dan program Direct Gift gadai ini bertujuan agar semakin banyak nasabah menikmati keunggulan produk Gadai Emas iB X-Tra dan Gadai Emas iB Preferred CIMB Niaga Syariah," kata Arwin Rasyid, Presiden Direktur CIMB Niaga di Jakarta, Senin, (15/8/2011).

Menurut Arwin, produk Gadai Emas CIMB Niaga Syariah ditawarkan untuk memberikan kemudahan bagi nasabah dalam memenuhi kebutuhan pembiayaan aman dan cepat seperti pendidikan, dana talangan kesehatan, dan kebutuhan lain. CIMB Niaga Syariah menawarkan dua produk pembiayaan gadai, yakni Gadai Emas iB X-Tra untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan minimal Rp200 ribu dan Gadai Emas iB Preferred untuk kebutuhan pembiayaan minimal Rp10 juta. Adapun jangka waktu pembiayaan kedua produk mulai dari 15 hari sampai 120 hari atau 4 bulan dengan ujrah (fee) yang kompetitif. "Gadai Emas iB X-Tra dan Gadai Emas iB Preferred dikembangkan untuk membantu memenuhi berbagai kebutuhan pembiayaan nasabah," katanya yang menyebutkan jaminan gadai dapat berupa perhiasan emas minimal 16 karat, logam mulia, koin emas, dan batangan emas.

 

Gadai Emas iB X-Tra dapat diakses nasabah di 50 outlet yang telah disiapkan pada jaringan kantor cabang syariah (KCS) dan Mikro Laju, sedangkan Gadai Emas iB Preferred dapat diakses di 2 outlet jaringan CIMB Preferred yakni di kantor cabang Cikini, Jakarta Pusat dan Melawai, Jakarta Selatan. Adapun ke-50 outlet ini tersebar di 5 provinsi di Indonesia yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Jumlah outlet ini juga lebih banyak 317% dari 12 outlet per Desember 2010.

Mengenai skema pembiayaan, jelas Arwin, produk Gadai Emas iB CIMB Niaga Syariah merupakan produk pembiayaan dimana nasabah menitipkan emas berbentuk perhiasan atau logam mulia/koin sebagai jaminan untuk mendapatkan pembiayaan dengan jangka waktu tertentu. Pembiayaan ini menggunakan akad rahn (gadai) dan Qardh (pinjaman) sebagai basis pembiayaan, sedangkan akad ijarah (sewa) digunakan sebagai basis pendapatan bank dimana bank menarik biaya atas pemeliharaan jaminan yang digadaikan nasabah. kbc9

Bagikan artikel ini: