Bisnis hilir PTPN XII bakal raup Rp29 miliar

Rabu, 30 November 2011 | 15:38 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Realisasi pendapatan industri hilir PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII pada tahun ini cukup menggembirakan. Hingga akhir tahun 2011, realisasinya diperkirakan mencapai Rp29 miliar.

"Realisasi pendapatan PTPN XII dari industri hilirnya di tahun ini mengalami pertumbuhan yang cukup besar, hampir sepuluh kali lipat dari realisasi tahun lalu yang hanya dikisaran Rp2 miliar hingga Rp3 miliar," kata Manajer Unit Industri Hilir PTPN XII, Setyo Wuryanto, di Surabaya, Rabu (30/11/2011).

Wuryanto merinci, dari Januari hingga Oktober, pendapatan industri hilir sudah mencapai Rp22 miliar. Diperkirakan, dalam waktu dua bulan terakhir, akan ada tambahan sekitar Rp 7 miliar. Sementara pendapatan rata-rata perbulan selama 2011 dikisaran Rp2,5 miliar.

"Memang pendapatan di akhir tahun biasanya lebih besar dari bulan biasa. Ini karena biasanya momen akhir tahun digunakan untuk mengejar target produksi serta adanya momen natal dan tahun baru yang bisa memicu penjualan di Rollas Cafe menjadi lebih tinggi," katanya.

Tingginya pendapatan di tahun ini menurutnya dipicu oleh besarnya permintaan pabrikan dalam negeri untuk produk veneer (produk olahan kayu) serta naiknya penjualan produk teh dan kopi olahan khususnya di Rollaas Cafe.

Berdasarkan kontribusinya, tercatat penjualan veneer mencapai sekitar 70%, disusul kopi 20% dan teh 10%. Sementara produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) masih dalam pengembangan. kbc6

Bagikan artikel ini: