Krakatau Steel siapkan capex Rp4 triliun

Kamis, 8 Desember 2011 | 15:54 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) menyiapkan belanja modal alias capital expenditure (capex) sebesar US$ 400 juta hingga US$ 450 juta atau berkisar Rp4 triliun pada tahun depan. Perusahaan baja pelat merah itu akan menggunakan dana tersebut untuk melanjutkan sejumlah proyek.

Direktur Keuangan KRAS Sukandar mengatakan, salah satu proyek tersebut adalah pembangunan pabrik baja bertanur tinggi berupa EPC (Engineering Procurement Contract) dan Pabrik Blast Furnace yang ditargetkan memiliki kapasitas 1,2 juta ton per tahun. Pabrik ini diharapkan tuntas pada kuartal I/2014. Nilai investasinya mencapai Rp 5,92 triliun.

Perseron juga akan merampungkan revitalisasi direct reduction plant (DRP) dan membangun slab steel plant. Proyek itu kini telah berjalan 57%. Capex juga akan digunakan untuk ekspansi Hot Strip Mill (HSM) agar bisa mengerek produksi menjadi 3,5 juta ton per tahun.

"Untuk pendanaan capex, perseroan mendapatkan tawaran pinjaman US$ 450 juta dari konsorsium Shuma Bank. Kemungkinan di bulan Februari atau Maret 2012," kata Sukandar. kbc12

Bagikan artikel ini: