Investment grade bukti keberhasilan ekonomi RI

Jum'at, 16 Desember 2011 | 09:11 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank Indonesia menyambut baik keputusan lembaga pemeringkat Fitch Ratings yang menaikkan peringkat Indonesia dari BB+ menjadi BBB- dengan gambaran stabil. Kenaikan peringkat itu menandakan keberhasilan Indonesia dalam menjaga stabilitas ekonomi makro.

"Upgrade membuktikan keberhasilan Indonesia dalam menjaga stabilitas ekonomi makro sekaligus mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang masih tinggi di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi global," ujar Gubernur BI Darmin Nasution dalam rilisnya, Kamis (15/12/2011) malam.

Darmin berharap, dengan memasuki level investment grade ini, kinerja ekonomi nasional makin moncer yang ditunjukkan dengan penguatan fundamental ekonomi dan reformasi struktural yang berkesinambungan.

Seperti diberitakan, Fitch Ratings menaikkan peringkat Indonesia, di mana Country Ceiling dinaikkan menjadi BBB dan utang jangka pendek dalam mata uang asing dinaikkan menjadi F3. Peringkat BBB- merupakan peringkat yang layak investasi.

"Kenaikan peringkat ini mencerminkan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berdaya tahan, rasio utang publik yang rendah dan terus menurun, likuiditas eksternal yang menguat, dan kerangka kebijakan makro yang hati-hati," kata Philip McNicholas, Direktur Fitch`s Asia-Pacific Sovereign Ratings, dalam keterangan persnya, Kamis (15/12/2011).

Namun, Fitch tetap menyoroti sejumlah masalah struktural, seperti pendapatan perkapita dan penerimaan fiskal yang rendah, pasar keuangan domestik yang dangkal, problem infrastruktur, hingga pemberantasan korupsi .

Fitch memproyeksikan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) rata-rata lebih dari 6,0% per tahun selama periode proyeksi sampai 2013 di tengah kondisi ekonomi global yang bergejolak. kbc10

Bagikan artikel ini: