Kawasan industri dibangun di ruas jalan tol

Kamis, 1 Maret 2012 | 09:31 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) akan menggandeng PT Jasa Marga Tbk guna mengembangkan kawasan industri di sejumlah proyek ruas jalan tol yang dibangun oleh BUMN sektor infrastruktur tersebut.

Direktur Utama PT SIER, Rudy Witjaksono mengatakan saat ini BUMN yang dipimpinnya telah berumur 38 tahun akan terus meningkatkan kinerja dalam sektor pengembangan kawasan industri. "Sejak berdiri 1974, SIER telah berkembang dengan memiliki lahan kawasan industri di tiga lokasi Rungkut (Kota Surabaya), Berbek (Kabupaten Sidoarjo), dan Rembang (Kabupaten Pasuruan) dengan luas 880 hektare. Kini yang masih idle hanya di PIER [Pasuruan Industial Estate Rembang] seluas 250 hektare dari total 500 hektare," kata Rudy.

Rudy mengatakan untuk kawasan SIER yang terdiri atas Rungkut dan Berbek luasannya 380 hektare dan telah habis termasuk untuk areal Sarana Usaha Industri Kecil seluas 1 hektare dan satu unit Rusunawa dengan 640 unit rumah.

Rudy mengatakan kepemilikan saham SIER sendiri terbagi atas tiga pihak yaitu pemerintah pusat menguasai 50%, Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya masing-masing 25%.

Dia mengungkapkan pihaknya menyadari bila kondisi saat ini untuk mengembangkan kawasan mandiri secara mandiri tidak mudah.

"Padahal manajemen tetap komitmen untuk terus melakukan pengembangan kawasan industri. Untuk itu, SIER telah mencapai kata sepakat awal dengan Jasa Marga guna melakukan sinergi BUMN. Sinergi itu dipastikan akan diteken pada pekan ini dengan fokus untuk mengembangkan KI di sekitar areal ruas tol yang dibangun atau dikelola Jasa Marga," ujarnya. kbc9

Bagikan artikel ini: