Pilih mana? e-Toll Card, Indomaret Card, Gas Card?

Rabu, 18 April 2012 | 14:45 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Jika selama ini masyarakat hanya mengenal kartu tol otomatis atau e-Toll Card untuk layanan cepat pembayaran di tol, kini pengguna jasa jalan tol bisa memiliki pilihan kartu lainnya. Pasalnya, ada paling tidak dua kartu otomatis yang bisa digunakan untuk masuk tol selain e-Toll Card.

Salah satu pengelola toko ritel modern Indomaret juga mengeluarkan kartu yang berfungsi sebagai alat pembayaran tol non tunai. Kartu ini mirip seperti e-Toll Card yang diterbitkan Bank Mandiri.

Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengatakan, kartu Indomaret memiliki fungsi serupa seperti e-Toll Card. Penerbit Indomaret Card pun adalah Bank Mandiri. "Indomaret memang mengeluarkan. Namun kartu itu juga milik kami. Namun kami lebih mensosialisasikan e-Toll Card," kata Zulkilfi di Jakarta, Rabu (18/4/2012).

Ia menambahkan, demi memaksimalkan pelayanan kepada pengguna e-Toll Card, Bank Mandiri telah mengupayakan beragam cara. Salah satunya penggunaan e-Toll Card dapat mengisi ulang di lebih dari 20.000 tempat, mulai dari ATM, kantor cabang perseroan, atau mesin EDC (Electronic Data Capture) atau gesek.

"Ada 20.000 tempat bisa top up (isi ulang), mulai dari ATM, kantor cabang sampai outlet," paparnya.

Kepala Bagian Komunikasi Perusahaan, Jasa Marga Wasta menjelaskan, tidak hanya Indomaret Card yang bisa digunakan untuk membayar tol secara otomatis. Satu kartu lain, Gas Card juga bisa. Gas Card pada awalnya digunakan untuk pembayaran non tunai di SPBU Pertamina. Penerbit Gas Card juga adalah Bank Mandiri.

"Jadi yang bisa ada tiga kartu. e-Toll Card, Indomaret Card, Gas Card. Seluruhnya bisa selama ada isinya," tutur Wasta. kbc10

Bagikan artikel ini: