PT DPS incar pendapatan Rp500 miliar

Kamis, 26 April 2012 | 13:12 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kinerja PT Dok dan Perkapalan Surabaya (DPS) tahun 2012 dipstikan akan bertambah bagus. Perusahaan galangan pelat merah ini ditarget bisa membukukan pendapatan sebesar Rp500 miliar, naik 40% dari posisi tahun lalu yang mencapai sekitar Rp300 miliar.

"Peningkatan target pendapatan ini dengan mengacu pada potensi peningkatan kinerja di tahun ini. Mengingat, pemberlakuan asas cabotage telah mendorong besarnya pesanan kapal yang masuk," ujar Direktur Produksi PT DPS, I Wayan Yoga Djunedy, di Surabaya, Kamis (26/4/2012).

Saat ini, ujarnya, DPS tengah mengerjakan sejumlah proyek pembangunan kapal dari dalam dan luar negeri. Di antaranya pada bulan lalu DPS dapat order dari PT Tonasa Line, anak perusahaan Semen Tonasa untuk pembangunan sembilan unit kapal dengan bobot 5000 LTDW.

"Rencananya, kami akan menandatangani kontrak dengan mereka untuk pembangunan 11 unit kapal hingga 2013 dengan nilai kontrak Rp1,3 triliun. Selain itu, kami juga telah mendapatkan kontrak untuk pembangunan dua kapal tanker dengan bobot 4.400 LTDW dari Singapura nilai US$ 13 juta per unit.

Sedangkan unit kapal yang sedang dibangun dan akan diserahterimakan berjumlah lima unit diantarnya adalah satu unit kapal pesanan dari PT Elnusa, dua unit kapal pesanan dari PT Pertamina, dua unit kapal pesanan dari PT Alfatrans, anak perusahaan PT Trakindo.

Sementara yang dalam proses pembangunan, dua unit kapal pesanan PT Tonasa Line, dua unit kapal tanker dengan bobot 4.400 LTDW pesanan dari Singapura.

"Dengan melihat kinerja kami di awal tahun ini, kami optimistis bisa mencapai target. Apalagi pada Mei depan galangan kami yang di Lamongan Brondong juga mulai beroperasi. Harapan kami, galangan Lamongan tersebut akan berkontribusi sekitar 20% dari pendapatan DPS," tegasnya. kbc6

Bagikan artikel ini: