Layanan kesehatan berkelas untuk nasabah kakap

Senin, 14 Mei 2012 | 11:45 WIB ET
Rudy N Hamdani
Rudy N Hamdani

SURABAYA, kabarbisnis.com: Industri perbankan kini kian gencar membidik kalangan atas. Kaum "the have" ini dilirik seiring dengan besarnya potensi penghimpunan dana.

Di PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP), misalnya, sejumlah strategi digeber untuk memikat nasabah-nasabah tajir. Salah satu strategi bank milik kelompok usaha Grup OCBC itu adalah merilis produk Max Prestige Care, sebuah layanan kesehatan berkelas untuk nasabah kakap. Sedikitnya 1.800 nasabah premium tahun ini diharapkan mengambil produk asuransi kesehatan baru tersebut.

Berikut wawancara kabarbisnis.com dengan Direktur Ritel dan Konsumer Bank OCBC NISP Rudy N Hamdani belum lama ini, terkait langkah OCBC NISP dalam mengembangkan pasar di kalangan "the have".

Bagaimana gambaran pasar premium di Indonesia dalam konteks industri perbankan?

Sangat prospektif. Ekonomi kita tumbuh bagus, banyak kelas menengah baru, banyak orang kaya baru. Sebagaimana bank lain, di OCBC NISP, kategori nasabah premium didasarkan pada simpanan minimal Rp 500 juta.

Berapa jumlah nasabah premium di OCBC NISP?

Saat ini jumlah nasabah premium kami mencapai 12 ribu nasabah. Saya yakin ke depan terus berkembang, karena Indonesia sekarang sedang bagus-bagusnya.

OCBC NISP meluncurkan program asuransi untuk nasabah kaya, Max Prestige Care. Berapa target yang dipatok oleh OCBC NISP?

Dari jumlah nasabah premium kami yang mencapai 12 ribu nasabah, kami ingin sekitar 15 persennya bisa memanfaatkan asuransi kesehatan Max Prestige Care.

Bisa dijelaskan soal layana asuransi kesehatan tersebut?

Produk ini memberikan perlindungan kesehatan bagi pemegang polis untuk perawatan kesehatan di rumah sakit di Singapura dan Malaysia dengan maksimal penggantian biaya perawatan hingga USD 3,5 juta.

Produk baru ini bekerja sama dengan perusahaan asuransi PT Great Eastern Life Indonesia, mematok premi rata-rata USD 2.000-USD 2.500 per tahun tergantung usia dan risiko kesehatan pemegang polis.

Dengan produk ini, nasabah OCBC NISP Premier bisa menikmati beberapa manfaat seperti tunjangan biaya rawat inap, pembedahan, dan rawat jalan, tunjangan konsultasi psikiater di rumah sakit hingga biaya transplantasi organ ginjal dan hati.

Kenapa perawatan harus di rumah sakit Malaysia dan Singapura?

Itu didasarkan pada minat pasien dengan kemampuan finansial dari Indonesia untuk memilih tempat berobat di dua negara tersebut. Pernah ada data dari rumah sakit di Singapura dan Malaysia bahwa sekitar 60% nasabah internasional yang berobat di rumah sakit tersohor di negara tersebut berasal dari Indonesia. kbc8

Bagikan artikel ini: