Obor Olimpiade didedikasikan buat UMKM

Selasa, 5 Juni 2012 | 07:52 WIB ET
Sandiaga Uno
Sandiaga Uno

SEMUA orang pasti mendambakan bisa menjadi pembawa obor pada pesta olahraga seluruh dunia, Olimpiade. Perasaan yang sama juga dirasakan pengusaha Sandiaga Uno. Tak heran, begitu terpilih sebagai salah satu pembawa obor pada Olimpiade London 2012 bersama tiga orang lainnya asal Indonesia, Sandiaga Uno mengaku sangat bangga dan bersyukur.

Mantan Ketua Dewan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini tak bisa menutupi kebanggannya dapat mewakili Inonesia membawa obor Olimpiade di Inggris, meski dirinya bukanlah seorang atlet besar semacam kapten Persija Bambang Pamungkas --yang juga terpilih sebagai pembawa obor.

"Pertama-tama sangat bangga sekali (terpilih menjadi pembawa obor Olimpiade) dan begitu saya mendengar lagu Olimpiade saya merinding," ujar Sandiaga Uno usai perkenalan Pembawa Obor Olimpiade 2012 oleh Samsung di Jakarta, pekan lalu.

Bagi CEO Saratoga Capital ini, Olimpiade merupakan biggest events untuk sports. "Walaupun saya gagal menjadi atlet seperti Pak Bambang (Pamungkas), nggak pernah ikut PON, atau ikut Sea Games atau Olimpiade, namun mendapatkan kehormatan dan kesempatan ini merupakan suatu kebanggan tersendiri," urai Sandiaga.

Namun begitu, kepercayaan yang diberikan itu baginya bukan semata-mata ditujukan pada dirinya secara pribadi. "Buat saya tentunya ini, mungkin didedikasikan kepada teman-teman di (usaha) mikro dan pemberdayaan masyarakat, yang kami bantu melalui (program) Berlari untuk Berbagi," beber dia.

Hikmah yang terkandung dalam momen itu, lanjut Sandiaga, meski belum berhasil menjadi atlet di masa muda, tapi ternyata dengan kepeduliaan kepada masyarakat, seseorang bisa mendapat kesempatan, salah satunya dengan membawa obor Olimpiade itu.

Sandiaga Uno merupakan pengusaha muda sukses, yang baru saja mengakuisisi maskapai penerbangan Mandala Air, juga beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia. Sosok yang kini menjadi bendahara ICMI ini juga sempat memeroleh penghargaan 'Indonesia Entrepreneur of The Year' dari Enterprise Asia.

Indonesia melalui PT Samsung Electronics berhak mengirim empat orang untuk mewakili negara membawa obor Olimpiade di kota Manchester, Inggris mendatang. Mereka adalah Sandiaga Uno (pengusaha), Ika Trifisusanti (mahasiswa), Wanda Hamidah (artis/politisi), dan Bambang Pamungkas (atlit). kbc7

Bagikan artikel ini: