Solo tuan rumah olimpiade robot Asia Tenggara

Rabu, 3 Juni 2009 | 11:28 WIB ET

SOLO – Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Robot se-Asia Tenggara (South East Asia Robotic Olympiade/SEARO) yang dijadwalkan berlangsung dari 26-28 Juni 2009.

Olimpiade Robot ini akan diikuti peserta dari negara-negara ASEAN, seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, dan lain-lain.

Ketua Umum Robotic Organizing Committee Indonesia (ROCI) Santosa Gondowidjojo seperti disampaikan dalam siaran pers Seksi Pelayanan Informasi Monumen Pers Nasional (MPN) Solo, Rabu (3/6/09), olimpiade ini akan menampilkan robot-robot canggih hasil kreasi setiap negara.

“Target kami, even ini diikuti sekitar 200 peserta, dan melalui kegiatan ini diharapkan perkembangan robotika dan kerjasama antaranggota dapat berkembang lebih baik lagi,” katanya.

Pemilihan Kota Solo, katanya, karena sesuai dengan tema kegiatan yakni 'The Harmony of Technology and Culture', dimana Solo merupakan kota heritage dan konsisten dalam pengembangan seni tradisi berupa batik.

Penyelenggaraan Olimpiade Robot ini bertepatan waktunya dengan digelarnya Solo Batik Carnival II. Karena itu, selain mengikuti Olimpiade, delegasi dari negara-negara ASEAN juga dapat menikmati karnaval batik.

Tempat penyelenggaraan SEARO adalah di Diamond Solo Convention Center (DSCC). Kompetisi itu akan dibagi menjadi tiga kategori peserta, yakni: Junior 1 (usia di bawah 8 tahun), Junior 2 (usia 8-12 tahun), dan kategori Challenge (usia 13-18 tahun).

Panitia juga memasukkan beberapa kategori standar seperti: nonprogram line tracer, maze solving, obstacle, carrier machine, dan creative robot. kbc7

Bagikan artikel ini: