Mahasiswa dididik cara jitu himpun zakat

Jum'at, 13 Juli 2012 | 12:59 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Upaya untuk mengoptimalkan potensi zakat terus dilakukan. Lembaga sosial Dompet Dhuafa Jawa Timur, misalnya, bekerja sama dengan Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) menggelar training Fund Raising di gedung Auditorium Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel (IAIN SA). Acara ini dihelat untuk merekrut relawan-relawan muda yang memiliki komitmen dalam menghimpun dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS).

Trainer yang didaulat untuk mengisi pelatihan adalah Ahmad Juwaini (Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa), Abdul Ghofur (Manajer LAZ Dompet Dhuafa), Imron Mawardi (Ketua LPES), Ahmad Arqom (Trustco) dan lain-lain.

Peserta training berasal dari berbagai kampus terkemuka di Surabaya di antaranya Unair, IAIN, UNESA, UBAYA, SEBI, dan lain-lain. Kurang lebih peserta yang hadir sekitar 193 orang.

Profesi Fundraiser beda tipis dengan peminta-minta, bedanya fundraiser membawa solusi sedangkan peminta-minta tidak, cukup untuk makan sang peminta-minta atau langsung dibagi ke fakir miskin begitu saja. Fundraiser Dompet Dhuafa Singgalang menjadi solusi bagi permasalahan kaum dhuafa.

"Orang-orang yang menerjunkan diri ke profesi fundraiser lembaga ini tidak hanya karena gaji tapi lebih pada tingkat kepedulian kepada kaum dhuafa. Meyakini bahwa setiap rupiah uang yang dia dapatkan dapat memberikan solusi bagi permasalahan kaum dhuafa bahkan mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Inilah yang membuat posisinya kuat ketika bertemu dengan kalangan eksekutif sekalipun, yang mungkin pada awalnya menganggap remeh," kata Ghafur saat menyampaikan training fundraising.

LAZ Dompet Dhuafa terus berbenah untuk meningkatkan kemampuan dalam menghimpun dana ZIS. Keyakinan bahwa potensi zakat di Indonesia yang begitu besar, sementara dana yang berhasil dihimpun oleh semua LAZ dan BAZ masih begitu kecil (1% dari total potensi), menjadikannya terus melakukan inovasi dalam menghimpun dana ZIS.

Terkait pelatihan ini, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur, U. Zainul Arif mengatakan bahwa peserta pelatihan ini akan langsung turun praktik ilmu fundraiser ke lapangan pasca pelatihan. “Ke depan, kami akan terus melakukan inovasi – inovasi dalam penghimpunan dana zis di masyarakat. Salah satunya adalah pelatihan kepada tim fundraiser sekarang ini”, pungkas Zein saat acara berlangsung.

Fundraiser Dompet Dhuafa mengemban misi peradaban. Edukasi masyarakat yang masih belum akrab dengan pengetahuan zakat penting dilakukan terus-menerus. kbc9

Bagikan artikel ini: