Wow, US$21 triliun duit orang superkaya lolos pajak

Senin, 23 Juli 2012 | 14:33 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Saat ini terdapat sekitar US$21 triliun duit orang superkaya di dunia disinyalir tidak dilaporkan lembaga kekayaan privat yang tidak terkena pajak pada akhir 2010. Angka tersebut sebanding dengan kombinasi ekonomi Amerika Serikat dan Jepang.

Mantan Kepala Ekonom McKinsey & Co James Henry melakukan penelitian itu untuk Tax Justice Network, koalisi kampanye melawan penghindaran pajak dan tax havens (bebas pajak).

Penelitian yang berjudul The Price of Offshore Revisited berfokus hanya pada kekayaan finansial ketimbang aset nonkeuangan seperti properti. Jadi angka tersebut bisa dibilang konservatif.

"Laporan baru memfokuskan perhatian kita pada 'lubang hitam' besar dalam perekonomian dunia yang belum pernah diukur yakni kekayaan pribadi di luar negeri dan pendapatan tidak terkena pajak yang menghasilkan," kata Henry, Senin (23/7/2012).

Penelitian itu mengambil data dari Bank Dunia, IMF, PBB, bank sentral, Bank for International Settlement, dan harta negara.

Dalam menghadapi berita utama sehari-hari tentang dana talangan untuk krisis keuangan, studi ini pasti akan menimbulkan pertanyaan atas cara untuk mengakses kekayaan yang dirahasiakan tersebut dan menghilangkan kewajiban pajak.

"Ini saatnya pemerintah di seluruh dunia yang kekurangan sumber daya dan kita lebih sadar dari sebelumnya soal ongkos dari ketidaksetaraan ekonomi," jelas Henry. kbc10

Bagikan artikel ini: