HIPMI Jatim dorong pengusaha peka sosial

Jum'at, 3 Agustus 2012 | 11:13 WIB ET
Ketua Umum HIPMI Jatim M. Ali Affandi memberikan tali asih untuk anak yatim
Ketua Umum HIPMI Jatim M. Ali Affandi memberikan tali asih untuk anak yatim

SURABAYA, kabarbisnis.com: Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur menggelar buka puasa bersama anak yatim dari sejumlah panti asuhan di wilayah Surabaya, Kamis (2/8/2012). Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, Ketua Umum Kadin Jatim La Nyalla Mahmud Mattalitti, Ketua REI Jatim Erlangga Satriagung, dan sejumlah pengusaha senior di Jatim.

Ketua Umum HIPMI Jatim Muhammad Ali Affandi mengatakan, buka bersama anak yatim adalah upaya HIPMI mendorong timbulnya rasa peka sosial di kalangan pengusaha muda. "Kami mendorong agar pengusaha, terutama pengusaha muda, selain bekerja keras mencapai profit di bidang bisnisnya masing-masing, juga mampu menjadi penggerak sosial untuk tumbuh dan berkembang bersama semua elemen masyarakat, termasuk masyarakat kurang mampu," ujar Andi, sapaan akrab Ali Affandi.

Andi mengatakan, sebuah entitas bisnis semestinya dibangun berdasarkan tiga pilar (triple bottom lines), yaitu profit, people, dan planet. Profit terkait dengan capaian kinerja keuangan di masing-masing perusahaan. Adapun people berkaitan dengan upaya perusahaan untuk memberi manfaat bagi peningkatan kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat.

"Sedangkan planet berkaitan erat dengan upaya kita untuk mewujudkan bisnis yang mampu menjaga keberlanjutan lingkungan," tutur Andi.

Andi berharap tiga pilar itulah yang mampu melandasi gerak bisnis para pengusaha muda. Sebagai cerminan dari wajah ekonomi bangsa di masa depan, pengusaha muda harus mampu memupuk kesadaran sosial dan peka lingkungan sejak dini. kbc5

Bagikan artikel ini: