Jasindo siap bayar asuransi satelit Telkom

Jum'at, 10 Agustus 2012 | 15:34 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Meski dikabarkan telah diketahui keberadaannya, namun Asuransi Jasindo tetap akan mengganti klaim asuransi dari satelit milik PT Telkom.

Menurut Direktur Utama PT Asurandi Jasindo, Budi Tjahjono, pihaknya siap memberikan ganti rugi jika memang satelit Telkom-3 hilang. "Kami siap mengganti satelit milik PT Telkom tersebut," katanya, Jumat (10/8/2012).

Satelit Telkom-3 milik PT Telkom dikabarkan menghilang. Hilangnya satelit yang akan dipakai untuk meningkatkan kecepatan Internet itu hilang bersamaan dengan satelit milik Rusia. Satelit seharga US$150 juta itu merupakan satu dari sekian satelit yang gagal diorbitkan oleh Rusia.

Sementara itu informasi yang beredar, satelit Telkom-3 telah diketahui keberadaannya. Satelit yang diluncurkan dari Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan, itu tengah melayang di ketinggian maksimum 5.014 km, masih jauh dari ketinggian orbit 36.000 km.

Menurut Budi, Telkom saat ini tengah menunggu kepastian dari Rusia. "Kami masih tunggu kabarnya" katanya.

Menurut Budi, penyataan dari Rusia tersebut sangat penting untuk dijadikan klaim asuransi tersebut. "Memang begitu prosedurnya, jadi harus tunggu pernyataan dari Rusia," ujarnya. Setelah pernyataan dari Rusia muncul, Jasindo disebutnya siap mengeluarkan uang ganti rugi tersebut.

Adapun untuk nilai asuransinya, Budi menyatakan PT Telkom mendaftarkan satelit Telkom-3 itu dengan nilai US$185,3 juta. Nilai itu disebutnya mencakup biaya penggantian satelit dan biaya persiapan serta peluncurannya."Jadi US$185,3 juta itu sudah semuanya," kata Budi.

Budi berharap pernyataan dari Rusia soal satelit Telkom-3 segera muncul untuk mempermudah mengurus klaim ganti rugi. "Mudah-mudahan bisa cepat," ujar Budi. kbc10

Bagikan artikel ini: