Pengamanan Suramadu diperketat

Selasa, 16 Juni 2009 | 17:05 WIB ET

SURABAYA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. akan melakukan las titik agar mur atau besi penahan pagar jembatan lainnya tidak akan bisa dilepas. Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi pencurian dan tindak kriminal lainnya.

"Kami akan koordinasi dengan pimpinan proyek jembatan Suramadu untuk melakukan las titik sebagai pengganti baut atau mur pada pagar jembatan guna menghindari pencurian," kata Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Frans S. Sunito di Surabaya, Selasa (16/6/09).

Menurut Kepala Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) Nurdin Manurung, pengelola jalan tol Suramadu diminta mewaspadai musimnya orang mencuri besi atau aluminium dan menugaskan menugaskan aparat keamanan di beberapa titik rawan.

Nurdin mengakui, ada laporan beberapa mur dan sekitar 40 lampu penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang jembatan Suramadu yang hilang. “Memang ada laporan ada mur dan lampu yang sudah tidak ada. Berpindah dari empat asal.”

PT Jasa Marga sendiri sudah mempersiapkan kendaraan operasional untuk mengontrol keadaan jembatan dari sisi di atas maupun di bawah jembatan.

Frans berharap, masyarakat sekitar mau bersama-sama menjaga dan memelihara kelangsungan Suramdu sebagai jembatan yang menjadi kebanggaan Indonesia. "Semua pengamanan aset di sepanjang Suramadu saat ini memang tanggung jawab Jasa Marga. Alangkah baiknya jika kita bisa menjaganya bersama." kbc8/kbc2

Bagikan artikel ini: