Campina bina petani jamur Surabaya

Minggu, 4 November 2012 | 15:03 WIB ET
Direktur Operasional Campina, Hendro Hadipranoto sedang berbincang dengan Ibu PKK Kelurahan Karah Surabaya di sela panen perdana jamur tiram binaan Campina di Surabaya, Minggu (4/11/2012).
Direktur Operasional Campina, Hendro Hadipranoto sedang berbincang dengan Ibu PKK Kelurahan Karah Surabaya di sela panen perdana jamur tiram binaan Campina di Surabaya, Minggu (4/11/2012).

SURABAYA, kabarbisnis.com: Produsen es krim, PT Campina Ice Cream Industry (Campina), menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) melalui pemberdayaan budidaya jamur tiram di wilayak Kelurahan Karah, Kecamatan Jambangan, Surabaya.

Direktur Operasional Campina, Hendro Hadipranoto mengatakan, program ini dipilih karena komoditas jarum tiram mudah dibudidayakan, disamping itu, produktifitas tinggi dan merupakan bahan makanan sehat yang mudah didapat serta digemari oleh masyarakat.

“Sebagai korporasi kami ingin bisa memberdayakan masyarakat, salah satunya melalui komoditas jamur tiram ini,” ujarnya di sela panen perdana jamur tiram binaan Campina di Surabaya, Minggu (4/11/2012).

Program ini, kata Hendro, dimulai sejak September 2012 lalu. Campina sendiri menyalurkan dana sekitar Rp 30 juta untuk tiap gabungan kelompok tani (Gapoktan) jamur tiram. Dana terebut digunakan untuk pembelian bibit, pengadaan rumah jamur, serta pengolahan, pengemasan, dan pemasaran produk olahan jamur.

Ia menambahkan, budidaya jamur tiram di Kelurahan Karah ini mampu menghasilkan sedikitnya 3-4 kilogram jamur tiap harinya dengan harga jual Rp 12.500 tiap kilogram. “Kelurahan Karah dipilih sebagai keurahan binaan Campina karena kesadaran tinggi dan partisipasi aktif warganya, selain itu lokasi strategis dan warga disini pernah bertani jamur sebelumnya, namun tak mengetahui tentang pengolahan produk jamur dan pemasarannya. Jadi potensinyacukup besar, apalagi jika dilihat manfaat lainnya seperti untuk kesehatan,” katanya.

Bagi Campina sendiri, program ini menguntungkan karena ada tambahan supplier jamur tiram untuk konsumsi menu vegetarian kantin karyawan pabrik Campina. kbc8

Bagikan artikel ini: