Klaim asuransi satelit Telkom cair Rp1,6 triliun

Rabu, 28 November 2012 | 12:23 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) menerima klaim asuransi sebesar US$ 185,31 juta atau sekitar Rp 1,665 triliun dari PT Jasindo untuk pengganti satelit Telkom 3 yang gagal mencapai orbit pada 7 Agustus 2012 lalu. Pembayaran dilakukan secara bertahap mulai 1 November, 8 November, dan 20 November 2012. Jasindo adalah BUMN yang bergerak di bidang perasuransian.

Dirut Telkom Arief Yahya mengapresiasi pembayaran klaim yang terbilang super cepat ini atau hanya 3,5 bulan. "Saat ini satelit ini melayang 5.000 km. Setelah satelit ditanyakan lost dapat asuransi, biasanya asuransi 8 bulan, tapi Jasindo cukup 3,5 bulan," tutur Arief saat penyerahan klaim asuransi tersebut di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (28/11/2012).

Di tempat yang sama, Dirut Jasindo Budi Tjahjono mengatakan, dalam proses pencairan klaim ini, pihaknya menggandeng 37 underwriter dan 5 perusahaan asuransi.

"Ini komitmen ke Telkom. Kami menalangi dulu, kami mengucapkan terima kasih ke Pak Arief (dirut Telkom)," tutur Budi.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengapresiasi sinergi antar-BUMN tersebut.

"Ini bentuk sinergi BUMN dasar profesional bukan asal tolong menolong. Komitmennya dipegang sepenuh-penuhnya," papar Dahlan.

Dahlan juga memastikan kondisi keuangan Jasindo tetap sehat setelah pencairan klaim dalam skala jumbo tersebut. kbc11

Bagikan artikel ini: