Nih, rute incaran jet Sukhoi di Indonesia

Kamis, 29 November 2012 | 13:28 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sejumlah rute menjadi bidikan maskapai Sky Aviation untuk dilayani dengan pesawat barunya, Sukhoi Superjet 100. Hal ini seiring dengan dipastikannya kedatangan pesawat itu mulai Desember 2012 nanti. Pesawat kebanggaan Rusia ini bakal ditempatkan di Denpasar, Makassar, dan Jakarta.

General Manager Marketing Sky Aviation, Sutito Zainudin menjelaskan, pesawat SSJ-100 ini akan melayani penerbangan berjadwal. Untuk tahap pertama, jet komersil Sukhoi akan melayani rute Bali-Nusa Tenggara Barat-Nusa Tenggara Timur.

"Sekarang kami sedang urus izinnya. Untuk tahap pertama, melayani Bali-NTB-NTT karena banyak landasan-landasan kecil yang cocok untuk pesawat Sukhoi," kata Tito, Kamis (29/11/2012).

Ia menargetkan, penerbangan jet Sukhoi ini akan mulai melayani penumpang paling cepat akhir Desember 2012 mendatang. Seiring dengan penambahan armada Sukhoi dengan total 15 pesawat hingga 2015, Sky Aviation berencana untuk membuka rute-rute baru seperti Denpasar-Makassar dan Denpasar-Jakarta.

Pesawat Sukhoi yang dipesan oleh Sky Aviation memiliki kapasitas 87 penumpang, dengan komposisi 78 kursi ekonomi dan sembilan kursi bisnis. Sky Aviation akan memanjakan penumpang pesawat Sukhoi dengan layananan full service.

Sky Aviation akan mendatangkan pesawat secara bertahap, dengan jumlah total 12 pesawat hingga 2015. Untuk mendatangkan jet Sukhoi ini, Sky Aviation menggelontorkan dana hingga US$308,4 juta. Kontrak pembelian pesawat tersebut sudah diteken di arena International Aviation and Space Salon MAKS 2011 di Zhukovsky, Rusia pada 2011. kbc10

Bagikan artikel ini: