Jasa Marga incar 500 ribu pengguna E-Tollpass di 2013

Rabu, 6 Maret 2013 | 10:31 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Operator jalan tol pelat merah, PT Jasa Marga Tbk menargetkan bisa menghimpun jumlah pengguna e-tollpass mencapai 500.000 hingga akhir tahun ini.

Direktur Utama Jasa Marga, Adityawarman mengatakan, perseroan akan membangun gerbang tol khusus yang menerapkan sistem e-tollpass di tiga titik. Pintu tol Kapuk, Cengkareng, dan Cililitan.

"Pembangunan gardu e-tollpass ini mengikuti daerah yang penggunaan e-tollcard-nya tinggi," kata Adit dalam kata sambutannya dalam acara peluncuran E-tollpass di Jakarta, Rabu (6/3/2013).

Adit berharap masyarakat semakin banyak menggunakan transaksi elektronik dibandingkan dengan transaksi tunai. Sebab, transaksi tunai cenderung menyusahkan, terutama untuk mengembalikan kascis tol.

"Kita sih maunya seluruh transaksi bisa 100 persen pakai e-tollpass walaupun kami juga sadar akan memerlukan waktu yang luar biasa panjang," katanya.

Untuk menggunakan e-tollpass, Adit mengatakan, pelanggan perlu membeli On Board Unit (OBU) seharga Rp650.000.

Nantinya, penggunaa e-tollpass ini pada saat masuk ke pintu tol tidak lagi perlu berhenti di gerbang tol, karena sudah ada alat yang melacak kartu alat tersebut. Selain itu, perseroan juga akan memberikan voucher tol senilai Rp100.000 bersama pembelian OBU.

"Saya berharap bisa sampai Rp300.000 harganya. Untuk lima tahun investasinya kan murah," ujarnya.

Tahun ini, Adit mengharapkan pengguna e-tollpass bisa mencapai 500.000 unit pada Desember dan 2014 bisa bertambah 750.000 lagi. "Angka itu sudah amat besar, karena pengguna tol di Jabodetabek saja ada sekitar 2,5 juta transaksi," katanya. kbc10

Bagikan artikel ini: