DPR usul jalan tol digratiskan

Rabu, 27 Maret 2013 | 15:08 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Dengan alasan bahwa lalulintas kendaraan di sejumlah ruas jalan tol di Indonesia sudah padat, anggota Komisi V DPR mengusulkan agar tarif tol ditiadakan atau digratiskan.

Hal itu disampaikan anggota Komisi V DPR Usman Jafar dalam rapat dengar pendapat bersama PT Jasa Marga dan BPJT Kementerian Pekerjaan Umum di gedung DPR, Jakarta, Kamis (27/3/2013).

Menurutnya, saat ini kemacetan di jalan tol dirasa sudah sangat parah, padahal jalan adalah jalan bebas hambatan. Idealnya juga bebas dari kemacetan.

"Ini ada wacana, jadi kalau jalan tol karena sudah macet begitu sama saja, mending digratiskan saja, atau digratiskan pada jam-jam tertentu," kata Usman.

Bukan hanya itu, lanjut dia, jalan tol milik Jasa Marga yang sudah Break Event Point atau balik modal, bisa digratiskan karena ini adalah layanan publik yang bisa dinikmati masyarakat. Usman juga mengaku wacana ini sudah dibicarakan dengan pimpinan DPR.

Meski demikian, dia tetap mengapresiasi upaya Jasa Marga yang berupaya mencari cara untuk mengurangi kemacetan. "Kita apresiasi bahwa dalam satu tahun ada upaya terobosan dalam jam tertentu sudah mulai longgar," tukas Usman. kbc10

Bagikan artikel ini: