Genjot bisnis kafe, PTPN XII incar duit Rp30 miliar

Rabu, 27 Maret 2013 | 15:28 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Setelah memisahkan diri dari PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII, PT Rolas Nusantara Mandiri tahun ini makin ekspansif.

Perusahaan yang bergerak di bidang kuliner produk hilir PTPN XII tersebut rencananya akan mewaralabakan dua jenis kafe miliknya, yaitu Rollaas Cafe untuk pasar menengah atas dan Ijen Cafe untuk konsumen menengah bawah.

Saat ini, Rollaas Cafe sudah memiliki empat gerai, yaitu di Surabaya dua gerai, di Bandung satu gerai, dan di Bali satu gerai. Sementara untuk Ijen Cafe masih dua gerai di Surabaya. Ditargetkan, dengan konsep waralaba, kedua kafe tersebut bakal tambah masing-masing sebanyak empat gerai.

"Untuk Rollaas Cafe rencananya penambahan di Bali, Surabaya, Malang dan Jakarta. Sedangkan yang Ijen Cafe di Surabaya dan Malang. Tapi yang paling banyak peminatnya justru yang Ijen Cafe karena sasaran pasarnya anak muda. Sehingga lokasi yang dipilih juga sebagian besar dekat dengan kampus," ujar Direktur Operasional PT Rolas Nusantara Mandiri, Setyo Wuryanto di Surabaya, Rabu (27/3/2013).

Pada tahun ini juga, lanjutnya, Rolas Nusantara Mandiri juga akan menjadi penyuplai buah-buahan lokal, hasil produksi PTPN XII. Beberapa buah yang akan dijual di antaranya adalah pisang mas, pisang ambon, jeruk, stroberi, kelengkeng, dan pepaya. Rencananya, buah akan dipasok ke supermarket dan hotel.

"Sebenarnya, kami sudah mulai merintis bisnis ini sejak lima tahun yang lalu dengan melakukan penanaman bibit buah. Nah, pada tahun ini mulai panen," terang Wuryanto.

Upaya pengembangan usaha tersebut menurutnya untuk mencapai target omset yang ditetapkan oleh holding PTPN XII yang mencapai sebesar Rp30 miliar. Nilai tersebut naik dari realisasi tahun 2012 yang masih di kisaran Rp20 miliar.

"Kalau persentasenya, dari penjualan kopi ditarget menyumbang sebesar 30%, pendapatan kafe sumbang 25%, penjualan teh sebesar 20%, AMDK 15% dan buah-buahan sebesar 10%," terangnya. kbc6

Bagikan artikel ini: