Bangun 4 pabrik, Pupuk Indonesia hemat US$210 juta

Senin, 8 April 2013 | 14:03 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Pupuk Indonesia Holding siap membangun 4 pabrik pupuk baru. Saat ini 2 pembangunan pabrik sudah terlaksana, di antaranya satu di Kalimantan Timur dan Pabrik Pusri II-B di Sumatera Selatan.

"Nanti menyusul Petrokimia Gresik dan Kujang 1-B. Ini akan mengganti 50% pabrik yang ada dengan kapasitas 3,5 juta ton," kata Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Holding, Arifin Tasrif dalam keterangan resminya, Senin (8/4/2013).

Menurut Arifin, dengan pembangunan empat pabrik tersebut nantinya akan menghemat energi nasional sekitar US$ 210 juta per tahun.

Pabrik Pupuk Sriwijaya II-B hari ini melakukan penancapan tiang pertama (ground breaking). Pabrik Pusri II-B tersebut akan menghasilkan 990 ribu ton pupuk per tahun dengan gas 25 MMBTU.

Arifin mengatakan total produksi saat ini sebesar 2,226 juta ton per tahun dan dengan selesainya pabrik Pusri II-B akan menjadi 2,8 juta ton per tahun. Untuk Pabrik Pusri II lama yang dibangun tahun 1974 menghasilkan 570 ribu ton per tahun.

"Pusri 2 lama ini merupakan pabrik pupuk tertua di dunia dan sampai saat ini masih beroperasi," ujar Arifin.

Arifin mengatakan pembangun pabrik Pusri II-B ditargetkan akan selesai pada tahun 2015 dan untuk nilai proyek pembangunan pabrik Pusri II-B sebesar US$561 juta dengan menggunakan 7 konsorsium perbankan di antaranya Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BCA, Bank BJB, Bank Sumsel Babel, UOB Indonesia.

"Pabrik Pusri II-B menggunakan teknologi Ases 21 yang dikembangkan oleh Pusri dan Toyo Internasional. Untuk pelaksana proyek Rekind dan Toyo Engg Corp Internasional," ujar Arifin.

Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin mengatakan pihaknya sangat mendukung pembangunan proyek ini yang diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi untuk berkontribusi kepada peningkatan produksi.

"Berkontribusi kepada peningkatan produksi pertanian dan menyerap tenaga kerja dan terdapat transfer teknologi kepada kita," ujar Alex. kbc11

Bagikan artikel ini: