Indonesia Hijab Fest 2013 bidik transaksi Rp1 miliar

Selasa, 30 April 2013 | 17:05 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Geliat bisnis busana muslim di pasar dalam negeri sejak tiga tahun terakhir kian menanjak. Terlebih pasca bermunculannya komunitas hijab di seluruh Indonesia.

Untuk mewadahi pegiat fasion hijab, desainer serta pelaku industri busana muslim, PT Mekarsari bersama Kaminari Production menggelar Indonesia Hijab Fest ke II 2013 di Surabaya.

Perhelatan yang akan diikuti oleh 60 peserta dari industri hijab dan busana muslim, travel serta perbankan syariah ini akan dilaksanakan di Grand City mulai 2-5 Mei 2013 dengan target transaksi sebesar Rp1 miliar.

Beberapa brand hijab ternama seperti Jenahara, Monel, Injid, Temiko, Ria Miranda, Ina's Scaft juga turut meramaikan pameran yang ditargetkan dikunjungi oleh sedikitnya 12.000 pengunjung tersebut.

"Saat Indonesia Hijab Fest pertama kali kami adakan di Bandung, animo masyarakat cukup besar. baik pengunjung maupun transaksi bisnis yang terealisasi cukup besar. Selama pameran, transaksi mencapai Rp3 miliar dari target awal sebesar Rp1,5 miliar. Karena di Surabaya masih pertama dan komunitas hijab tak sebanyak di Jakarta dan Bandung, kali ini kami hanya menargetkan sebesar Rp1 miliar," ujar Owner PT Mekarsari, Ida Widyastuti kepada wartawan di Surabaya, Selasa (30/4/2013).

Menurut Ida, bisnis busana muslim, khususnya hijab saat ini memang cukup bergeliat setelah komunitas hijab bermunculan. Hal ini menjadi peluang tersendiri bagi pengusaha untuk lebih kosentrasi menggarap pasar tersebut.

"Selain berwirausaha, berbisnis hijab juga termasuk melaksanakan syiar Islam karena mengajak muslim yang belum berhijab mau menutup auratnya," tambah Owner Kaminari Production, Sheena Krisnawati.

Lebih lanjut ia mengatakan, mengatakan saat ini fasion hijab di Indonesia memang berkembang sangat pesat. Apalagi dipelopori oleh kawula muda yang ingin keluar dari desain baju dan hijab konfensional. Melihat realita tersebut, ia yakin tahun 2020 Indonesia akan menjadi kiblat fasion hijab dunia.

"Ini karena fasion hijab di Indonesia sangat kreatif, baik dari pemilihan warna maupun model atau desainnya. Berbeda dengan negara-negara lain seperti di Arab Saudi yang cenderung menggunakan warna hitam dengan desain yang monoton," ujar Sheena.kbc6

Bagikan artikel ini: