Mandiri siap berbagi 'rezeki' e-Toll Card ke bank lain

Senin, 6 Mei 2013 | 15:51 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bank Mandiri Tbk akhirnya mau membuka akses pengelolaan e-toll card kepada bank-bank lain. Selama ini pengelolaannya hanya dipegang bank dengan aset terbesar di Indonesia tersebut.

Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin mengatakan, saat ini pihaknya tengah membahas model bisnis secara bertahap untuk mewujudkan kerjasama e-toll card dengan bank-bank lain.

"E-toll sendiri kita sudah punya rencana ke depannya membukanya seperti apa tapi mungkin dilakukan bertahap, karena enggak semua bank punya teknologinya," kata Budi di Gedung BI, Jakarta, Senin (6/5/2013).

Diakuinya, pihaknya sebagai satu-satunya bank yang memiliki layanan e-toll card siap dan terbuka jika pihak Bank Indonesia (BI) memberikan arahan untuk bisa membuka akses terkait e-toll card.

"Belum bisa cerita tapi kalau Pak Darmin memberi arahan seperti itu kita pasti, beliau kan regulatornya," ujarnya.

Sementara itu, perseroan juga akan menetapkan kriteria dari bank yang akan digandeng untuk mengembangkan e-toll tersebut. Kriteria utama adalah bank tersebut harus memiliki platform teknologi dengan standar yang sama dengan Bank Mandiri.

"Sebenarnya sudah kita pikirkan, secara bertahap, karena enggak semua bank punya teknologi, karena teknologi platformnya kan beda-beda, yang jelas yang teknologinya siap," kata Budi.

Persyaratan lain, kata dia, perseroan juga akan mendahulukan Bank BUMN yang tergabung dalam anggota Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) untuk bisa bekerjasama soal e-toll card ini. "Preferensi kita sebagai anggota bank Himbara kita akan dahulukan anggota bank Himbara," katanya. kbc10

Bagikan artikel ini: