Starbucks Akhirnya membayar pajak pertamanya sejak 2009

Selasa, 25 Juni 2013 | 06:32 WIB ET

LONDON, kabarbisnis.com: Raksasa jaringan gerai kopi Starbucks akhirnya membayar pajak perusahaannya di Inggris sebesar 5 juta poundsterling, yang merupakan pembayaran pajak pertamanya sejak 2009 silam.

Perusahaan tersebut dilaporkan hanya membayar pajak perusahaannya di Inggris sebesar 8,6 juta pounds selama 14 tahun, dan bahkan tidak membayar sepeserpun selama empat tahun terakhir ini meskipun menerima pendapatan sebesar 400 juta pounds pada tahun lalu.

Dikutip dari BBC News (23/6/2013), juru bicara Starbucks menyatakan bahwa mereka telah mendengarkan apa kata pelanggan mereka, dan setuju untuk membayar lima juta poundsterling sisanya di akhir tahun ini.

Langkah ini menyusul adanya tekanan dari para politisi dan juru kampanye, dan kesepakatan yang dihasilkan oleh para pemimpin dunia pekan lalu untuk menekan penghindaran pajak perusahaan.

Starbucks hanya melaporkan jumlah laba fiskal sekali dalam 15 tahun selama di Inggris. Pada akhir tahun lalu mereka menyatakan akan membayar pajak perusahaannya setelah muncul kemarahan publik atas kasus ini dan juga investigasi yang dilakukan oleh anggota parlemen.-kbc9

Bagikan artikel ini: