Tak lakukan eksplorasi, 11 KKKS migas terancam ditendang

Kamis, 27 Juni 2013 | 07:16 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Karena dianggap tidak melakukan kegiatan sesuai perjanjian, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) berencana melakukan diterminasi terhadap 11 Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) migas di dalam negeri.

"11 KKKS diusulkan diputus, urusannya komitmen mereka yang tidak dipenuhi," kata Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandin di DPR, Rabu (26/6/2013)

Diakuinya, dari awal kontrak, ada 11 KKKS tidak melakukan pemboran dan melanggar janji melakukan kegiatan eksplorasi dengan berbagai macam tahapan. "Pemboran tidak dilakukan satupun. Lebih baik diputus karena tidak memberi manfaat," ujar Rudi.

Hanya saja, Rudi masih enggan menyebut 11 KKKS yang bakal diterminasikan. Yang jelas dalam kontrak selama enam tahun, seluruh KKKS tersebut belum melakukan kinerja operasi sama sekali. "Secara hukum kontrak eksplorasi itu enam tahun. Ditambah empat tahun apabila komitmen belum berhasil. Itu bagian dari pembenahan, supaya industri ini tidak tergadaikan," ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: