Tuan rumah olimpiade, Inggris untung 9,9 miliar poundsterling

Minggu, 21 Juli 2013 | 03:48 WIB ET

LONDON, kabarbisnis.com: Perekonomian Inggris telah naik 9,9 miliar poundsterling dalam perdagangan dan investasi sejak menjadi tuan rumah Olimpiade London dan Paralympic Games pada 2012 lalu.

Laporan dari departemen pemerintah yang mempromosikan bisnis-bisnis Inggris telah menempatkan kontrak baru, penjualan dan investasi asing pada tahun lalu saat Olimpiade. Namun klaim itu ditanggapi dengan skeptis oleh beberapa ekonom dan Federasi Usaha Kecil.

Pemerintah Inggris diperkirakan mengeluarkan dana sebesar 8,9 miliar pounds untuk menghelat acara tersebut. Menurut laporan UK Trade and Investment (UKTI) seperti yang dikutip dari BBC News (19/7/2013), Olimpiade telah menghasilkan:

- 2,5 miliar pounds investasi inward tambahan, 58% di antaranya berada di luar London.

- 5,9 miliar pounds penjualan tambahan setelah promosi terkait Olimpiade oleh Foreign Office dan UKTI.

- 1,5 miliar pounds tinggi nilai kontrak asing, seperti membantu merancang venue di negara lain yang menjadi tuan rumah.

"Ada banyak park Olimpiade dan stadion untuk Olimpiade Musim Dingin di Rusia dirancang dan dibangun oleh perusahaan Inggris", Cameron mengatakan kepada BBC Radio. "Jadi ada pekerjaan nyata, dan uang nyata di Olimpiade jika kita bisa melakukannya dengan benar," sebut laporan itu.

Akan tetapi sport economist Stefan Szymanski berkata bahwa tidak mungkin untuk mengatakan ada berapa banyak dari aktivitas ekonomi yang bisa dikaitkan dengan Olimpiade. Jonathan Portes, direktur Institut Penelitian Nasional dan mantan kepala ekonom di Kantor Kabinet Ekonomi dan Sosial, mengatakan bahwa menghubungkan keuntungan ekonomi dengan Olimpiade adalah "sedikit terlalu mengada-ada".

Selain dampak keuangan dari Olimpiade, ternyata Olimpiade London 2012 dan Paralimpiade memberikan pengaruh tersendiri terhadap olahraga dan regenerasi di Inggris. Para relawan Olimpiade juga mampu menginspirasi orang lain untuk melakukan peran yang sama dalam komunitas mereka. kbc9

Bagikan artikel ini: