Selamat! Karsa menang pemilihan gubernur Jatim

Kamis, 29 Agustus 2013 | 18:36 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pasangan Soekarwo dan Saifullah Yusuf (Karsa) hampir pasti kembali menjadi gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur. Tiga lembaga hitung cepat memenangkan pasangan Karsa di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2013, yang digelar hari ini.

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mencatat Karsa meraih 46,97 persen. Di posisi kedua pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja (Berkah) dengan 37,77 persen.

Berada di urutan ketiga pasangan Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah (Bambang-Said) dengan raihan 12,91 persen. Terakhir pasangan jalur perseorangan Eggi Sudjana-Muhammad Sihat (Beres) hanya 2,35 persen.

"Berdasarkan survei yang sudah kami lakukan, kemenangan Karsa merupakan imbas dari kinerja pasangan ini selama memimpin empat tahun terakhir," ujar Peneliti Senior Saiful Mujani Research and Consulting", Deni Irfan.

SMRC melakukan penghitungan di 300 Tempat Pemungutan (TPS) di 38 kabupaten/kota dengan tingkat kesalahan atau "margin error" sekitar 1 persen.

Hasil tidak jauh beda didapat melalui penghitungan cepat Proximity, yakni urutan pertama pasangan Karsa dengan 48,34 persen, pasangan Berkah dengan 37,05 persen, Bambang-Said dengan 12,89 persen dan terakhir pasangan Beres dengan 2,03 persen.

"Tingkat kesalahan hanya 1 persen. Di lain sisi, dari 400 TPS yang masuk di 38 kabupaten/kota, tingkat angka partisipasinya mencapai 63,38 persen," ungkap Direktur Proximity Whima Edy Nugroho seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, kemenangan pasangan pejabat kini sudah sesuai survei yang dilakukan sebelum-sebelumnya. Faktor kemenangan, kata dia, sosok kandidat yang sudah populer dan masyarakat cukup puas dengan kinerja selama memimpin.

Sementara itu, untuk Lingkaran Survei Indonesia (LSI), di urutan pertama pasangan Karsa dengan raihan 47,95 persen. Disusul pasangan Berkah dengan 37,77 persen. Kemudian Bambang-Said 11,90 persen, serta urutan terakhir pasangan Beres di 2,37 persen.

Hasil tersebut tercatat hingga 98,89 persen dengan tingkat kesalahan hanya 1 persen. Artinya, penghitungan cepat ini memiliki margin kesalahan sebesar 1 persen di atas dan di bawah "real count". kbc1

Bagikan artikel ini: