Generasi muda ajak kandidat sikapi hasil Pilgub Jatim dengan sportif

Kamis, 29 Agustus 2013 | 22:43 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Jaringan anak muda pendukung duet Soekarwo dan Saifullah Yusuf (Karsa) yang tergabung dalam Karsa Muda Jatim mengajak seluruh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur menjaga situasi Jatim agar tetap kondusif.

"Mari kita hargai aspirasi masyarakat Jatim. Sportif dan legowo. Jaga kondisi tetap kondusif, dan yang terpenting mari bersama-sama melanjutkan pembangunan di Jatim," ujar Koordinator Karsa Muda Jatim, M. Ali Affandi.

Seperti diketahui, hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei menyatakan, pasangan Karsa berhasil mengungguli pasangan lainnya. Pemilu kepala daerah Jatim kali ini, oleh sejumlah lembaga survei, diprediksi berjalan satu putaran dengan Karsa keluar sebagai pemenang.

Dia mengatakan, semua kandidat telah menyatakan siap menang dan siap kalah. Karena itu, para kandidat diharapkan tidak menghasut masyarakat dengan melontarkan isu yang kontraproduktif bagi upaya untuk menciptakan situasi Jatim yang kondusif.

Menerut dia, para pasangan calon harus memberi pendidikan politik yang baik ke publik. "Menghargai hasil pemilukada yang merupakan representasi suara rakyat adalah salah satu cara memberikan pendidikan politik yang baik bagi masyarakat," kata Andi, sapaan akrab Ali Affandi.

Andi mengatakan, kemenangan pasangan Karsa juga tidak akan disambut secara berlebihan oleh elemen-elemen pendukungnya, termasuk oleh Karsa Muda Jatim. "Ini bukan kemenangan orang per orang. Ini kemenangan semua pihak. Kami berharap semuanya kembali bergandengan tangan untuk bekerja lebih giat agar Jatim makin makmur dan sejahtera," tegas Andi.

Saat ini, kata Andi, banyak tantangan yang dihadapi Jatim. Salah satu di antaranya adalah menyikapi situasi ekonomi global yang sedang tak menentu. "Karena itu, penting bagi kami untuk meminta semua kandidat kembali bergandengan tangan, bekerja bersama-sama untuk menghadapi tantangan yang ada, agar ekonomi Jatim tetap stabil. Sehingga, kesejahteraan masyarakat bisa tetap terjaga," ujarnya.

Bagikan artikel ini: