Jaring investor asing, Mandiri bikin Indonesia Corporate Day di Inggris

Kamis, 26 September 2013 | 11:53 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Mandiri Sekuritas kembali menggelar acara Indonesia Corporate Day pada 30 September-1 Oktober 2013 di London. Hal ini dilakukan guna menjaring investor asing masuk ke pasar modal Indonesia.

Direktur Utama Mandiri Sekuritas, Abiprayadi Riyanto mengatakan, sebelumnya rangkaian acara juga telah dilaksanakan di Hongkong dan Singapura pada 24-25 Juni 2013. "Dalam program ini, Mandiri Sekuritas mempertemukan 14 emiten dengan 150 investor yang berbasis di London, Singapura dan Hongkong," kata Abiprayadi saat temu media di Jakarta, Kamis (26/9/2013).

10 emiten BUMN tersebut, kata Abi, terdiri dari PT Aneka Tambang, PT Bank Mandiri, PT Bank Tabungan Negara, PT Tambang Batubara Bukit Asam, PT Garuda Indonesia, PT Jasa Marga, PT Perusahaan Gas Negara, PT Telekomunikasi Indonesia, PT Semen Indonesia, dan PT Wijaya Karya. Sedangkan, empat perusahaan swasta meliputi PT ABM Investama, PT Lippo Karawaci, PT Tower Bersama, dan PT Ciputra Development.

"Harapan kami dari acara Indonesia Corporate Daya ini, agar investor asing dapat meningkatkan nilai portofolio investasinya di pasar modal Indonesia, yang selanjutnya dapat mendorong peningkatan kapatalisasi pasar modal Indonesia," ucap Abi.

Sementara itu, Direktur Capital Market Mandiri Sekuritas, Laksono Widodo mengatakan, saat ini kepemilikan asing di pasar modal Indonesia sangat mayoritas, hingga 60%. "Saat ini kepemilikan asing masih tetap dominan sekitar 60 persen.Trnsaksi lokal dan asing hampir sama walaupun top 10 broker di BEI nomor enam ke atas punya asing dari nomor tujuh mulai lokal, kita concern transaksi bisa 50 banding 50," kata Laksono di tempat yang sama. kbc9

Bagikan artikel ini: