MK tolak gugatan Berkah, Karsa tetap jadi pemenang Pilgub Jatim

Senin, 7 Oktober 2013 | 17:04 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan pasangan Khofiah Indar Parawansa dan Hermah Sumawiredja alias Berkah dalam sidang perkara perselisihan hasil pemilu kepala daerah Jawa Timur. Sidang pleno MK itu dipimpin oleh Wakil Ketua MK Hamdan Zoelva.

"Menolak pemohon (Kofifah) seluruhnya," kata Hamdan dalam Sidang Pleno di Gedung MK, Jakarta, Senin (7/10).

Sidang Pleno dengan agenda pengucapan putusan ini hanya beranggotakan 8 hakim konstitusi dan dipimpin oleh Hamdan Zoelva. Hal ini setelah Akil Mochtar telah dicokok KPK terkait dugaan suap di Kabupaten Gunung Mas dan Lebak.

Mahkamah berpendapat pemohon yang mendalilkan Karwo dan Saiful menggunakan anggaran daerah, tindakan pemanfaatan tersebut secara terencana dan sistematis sejak penganggaran 2010-2013 tidak terbukti demi hukum. Dengan demikian pasangan Soekarwo dan Saifullah Yusuf (Karsa) menjadi pemenang dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur.

Sebelumnya, pasangan calon nomor urut Berkah mengajukan beberapa dalil terhadap kubu Karsa. Berkah tidak bisa menerima kekalahan, sehingga mengajukan gugatan ke MK. kbc3

Bagikan artikel ini: