Bangun tiga SPBG, PGN siapkan duit Rp45 miliar

Rabu, 9 Oktober 2013 | 07:05 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sebagai upaya untuk mendukung program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) berencana membangun tiga unit stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) di Jakarta. Guna ekspansi ini, perusahaan pelat merah ini menyiapkan dana sebesar Rp45 miliar.

Hal itu diungkapkan Head of Corporate Communication Vice President PGN Ridha Ababil di Jakarta, Selasa (8/10/2013). "Lokasinya berada di Jakarta Utara, Barat, dan Timur," ujarnya.

Pembangunan SPBG, kata Ridha, merupakan upaya pihaknya untuk mendukung program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG). PGN memiliki komitmen tinggi untuk memperkuat ketahanan energi nasional melalui pembangunan infrastruktur gas bumi agar pemanfaatan gas bumi di Indonesia semakin meningkat. Pembangunan infrastruktur gas memiliki risiko, antara lain pembebasan lahan, perizinan, dan biaya operasi.

PGN akan menambah dua mobile refueling unit (MRU). Kendaraan tersebut berlokasi di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, dan kawasan Ragunan, Jakarta Selatan. "Meski secara bisnis tidak menguntungkan, PGN akan mengoperasikan dua MRU lagi sampai akhir tahun," katanya.

Pembangunan infrastruktur SPBG dan MRU harus bersinergi dengan peningkatan kendaraan yang menggunakan BBG. "Jika kendaraan berbahan bakar gas untuk transportasi sudah banyak, tapi fasilitas pengisian gas tidak tersedia, akan percuma," ungkap Ridha. kbc10

Bagikan artikel ini: