Keren! Pendidikan model pesantren kini ditiru negara-negara Barat

Kamis, 31 Oktober 2013 | 12:01 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Model Pondok Pesantren (Ponpes) di Indonesia kini mulai ditiru oleh negara Barat. Pendidikan pesantren dinilai ideal untuk membentuk generasi bangsa melalui pendidikan karakter.

"Ini juga ditekankan oleh beberapa peneliti pesantren asal Jepang yang mampu menengahi stigma yang selalu dilontarkan oleh Barat bahwa pesantren merupakan bentuk lembaga pendidikan radikal," Kata Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Dirpontren), H. A. Saifuddin.

Menurutnya, untuk lebih memaksimalkan keberadaan pesantren, saat ini pihaknya menggulirkan Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB). Program PBSB tersebut diproyeksikan akan mampu memberikan perubahan yang sangat berarti bagi bangsa Indonesia.

Proyeksi pembentukan para pemimpin bangsa yang akan mampu menempati posisi-posisi penting di negeri ini diharapkan akan terwujud pada tahun 2025. “Posisi-posisi tersebut akan digawangi oleh para alumni pondok pesantren yang dibentuk melalui program PBSB,” harap Ace Saifuddin seperti dikutip dari laman Kominfo Pemprov Jatim.

Lebih lanjut Ace Saifuddin mengatakan, pada tahun 2014 mendatang akan diresmikan pula Pondok Pesantren Mutiara Bangsa, yakni sebuah pondok pesantren yang dibangun di atas tanah seluas 10 hektar yang dihibahkan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, menjadi proyeksi rintisan pondok pesantren di perbatasan Kepulauan Karimun sebagai garda depan pertahanan tanah air di daerah perbatasan, bahkan pondok pesantren tersebut akan dijadikan sebagai pondok pesantren agribisnis yang akan mampu mensuplai segala kebutuhan di Singapura dan Malaysia. kbc2

Bagikan artikel ini: