Sinergi Pacitan dan KKP kembangkan SDM unggul perikanan

Jum'at, 15 November 2013 | 14:48 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Memiliki potensi laut yang luas dan sejumlah pantai dan pelabuhan, Pemerintah Kabupaten Pacitan sangat membutuhkan sumberdaya manusia (SDM) bidang perikanan yang professional dan kreatif. Untuk itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPSDM KP) melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama tentang pengembangan SDM perikanan dengan Pemerintah Kabupaten Pacitan.

KKP bersama Pemkab Pacitan memiliki visi yang sama dalam meningkatkan kapasitas para generasi muda di wilayah masing-masing, dengan tetap memperhatikan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan yang dilaksanakan secara berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Kepala Badan Pengembangan SDM KP, Soeseno Sukoyono, mengatakan, saat ini, pertumbuhan perusahaan sebagai penyedia lapangan kerja tidak sebanding dengan laju pertumbuhan penduduk. Sehingga kemampuan dan daya saing masyarakat untuk mandiri melakukan usaha, dalam hal ini kelautan dan perikanan menjadi penting.

Untuk itu pengembangan SDM melalui pelatihan kelautan dan perikanan yang dilaksanakan oleh KKP bersama seluruh pemangku kepentingan dan komponen masyarakat harus mampu menyiapkan SDM yang tidak hanya memenuhi standar dan kebutuhan dunia usaha dan industri, namun juga mampu mandiri dalam merintis memulai menjadi wirausahawan baru.

Adanya komitmen Indonesia bersama dengan anggota ASEAN untuk mengimplementasikan ASEAN Economic Community di tahun 2015, kesempatan kerja di sektor kelautan dan perikanan yang tersedia di dalam negeri, akan menjadi incaran bagi pekerja asing. Menghadapi hal ini, tingginya kualitas, profesionalitas dan kompetensi SDM menjadi sesuatu yang tidak dapat ditawar lagi. Karena itu perlu adanya terobosan di dalam pengembangan SDM, salah satunya melalui pelaksanaan Gelar Pelatihan Nasional (GPN). kbc4

Bagikan artikel ini: