Akhir bulan depan, rel ganda Jakarta-Surabaya bisa dilewati

Selasa, 25 Februari 2014 | 12:28 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Meski molor dari target yang ditetapkan akhir tahun lalu, namun proyek rel ganda (double track) Jakarta-Surabaya dipastikan akan tuntas akhir Maret 2014 mendatang.

Hal itu ditegaskan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono di kantornya, Jakarta, Selasa (25/2/2014). "Double track masih on the track, Insya allah akan dikejar semua pihak, setiap minggu akan ada pola pengalihan dari single track ke double. Ada 7-8 ruas-ruas diaktifkan, akhir maret semua sudah selesai," ujarnya.

Menurut Bambang, ada dua titik yang mengalami kendala pembebasan lahan. Titik pertama di Semarang, namun itu sudah ditangani oleh tim dari kantor wakil presiden. "Satu titik di Surabaya, sebetulnya menggantikan jalan akses dipinggir jalan," katanya.

Secara keseluruhan, pengerjaan rel ganda tersebut tidak mengalami kendala berarti, meskipun saat ini musim hujan. "Enggak seperti jalan, kalau jalan proses pengaspalan dan sebagainya," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan E.E Mangindaan mengakui, pengerjaan rel ganda Jakarta-Surabaya harus molor lantaran menemui sejumlah kendala. Salah satunya, pembebasan lahan.

"Tahun lalu harusnya sudah selesai. Ternyata ada masalah tanah yang belum selesai. Sedikit masalah tanah itu menjadi problem pembangunan rel, di daerah Antarjati mau ke Jateng. Sekarang melibatkan pengadilan sudah kita titipkan ke pengadilan. Insya Allah sudah selesai tahun ini," ucap Mangindaan.

Atas dasar itu, dia optimistis rel ganda Jakarta-Surabaya sudah bisa digunakan pada Februari 2014. Sementara untuk jalur Selatan, yaitu Solo-Madiun-Surabaya juga dijanjikan segera beroperasi.

Berfungsinya rel ganda diyakini dapat mengurangi beban dan kerusakan jalan raya. Mengingat, bakal makin banyak kereta logistik yang beroperasi. kbc10

Bagikan artikel ini: