Di RI, bakal ada 9 juta OKB setiap tahunnya

Rabu, 26 Februari 2014 | 10:19 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Masyarakat kelas menengah di Indonesia diyakini masih kan mengalami peningkatan, seiring meningkatnya pengetahuan pengeloaan keuangan mereka. Berdasarkan survei Pengetahuan Keuangan (Financial Quotien/FinQ) yang dilakukan Citigroup selaku induk perusahaan dari Citibank, dalam kurun waktu Januari 2012 hingga Desember 2013, menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan keuangan masyarakat sebesar 3 poin menjadi 60,7 poin di 2013 dibandingkan pada 2012 sebesar 57,7%.

"FinQ adalah istilah yang digunakan Citigroup untuk menunjukkan kemampuan seseorang dalam memahami pentingnya perencanaan keuangan dan mengimplementasikan tata kelola keuangan dengan baik," ujar Retail Bank Segment Marketing Head Citibank NA Indonesia Ivan Jaya dalam launching hasil Citi FinQ di Commune Cafe, Jakarta, Selasa (25/2/2014).

Ivan menerangkan, setiap tahun akan ada sekitar 8 hingga 9 juta orang Indonesia yang memasuki kelas menengah dan kelas atas atau orang kaya baru (OKB). Hal ini muncul seiring dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi nasional.

"Hal tersebut tercermin di salah satu kategori survei di mana 78 persen responden mengatakan bahwa mereka tertarik untuk menggunakan jasa pengelolaan kekayaan, walaupun hanya 11 persen dari total responden yang sudah menggunakan jasa wealth management," pungkas dia. kbc10

Bagikan artikel ini: