Ingat, mulai hari ini harga tiket pesawat naik

Rabu, 26 Februari 2014 | 14:56 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Para calon penumpang pesawat harus mulai siap-siap, karena mulai Kamis (26/2/2014) hari ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM2 Tahun 2014 telah menetapkan biaya tuslah/tambahan (surcharge) dalam tarif angkutan penumpang pelayanan kelas ekonomi.

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, www.setkab.go.id, biaya tambahan itu di luar perhitungan penetapan tarif jarak yang dibebankan kepada penumpang. Perhitungan biaya tambahan tersebut besarnya ditentukan berdasarkan jarak tempuh.

Pemberlakuan biaya tambahan ini akan dilakukan setiap 3 bulan, atau apabila terjadi perubahan peningkatan atau penurunan signifian terhadap biaya operasi pesawat udara.

“Dalam hal setelah dilakukan evaluasi terdapat penurunan nilai kurs rupiah terhadap dollar, maka Peraturan Menteri ini dapat dicabut dan dinyatakan tidak berlaku,” tulis Peraturan Menteri tersebut.

Penumpang yang menggunakan pesawat jenis jet kelas ekonomi dengan jarak tempuh sampai dengan 664 km, biaya tambahan yang dikenakan minimal Rp 60.000 per penumpang. Adapun untuk penumpang pesawat propeler (baling-baling) sampai dengan jarak 348 km dikenakan biaya tambahan minimal Rp 50.000.

Dalam lampiran peraturan Menteri itu dicontohkan besaran tambahan biaya yang harus ditanggung penumpang berdasarkan rute penerbangan. kbc10

Bagikan artikel ini: