Iwapi berambisi ciptakan 1 juta pengusaha wanita di 2015

Senin, 3 Maret 2014 | 18:11 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Peluang kaum perempuan di Tanah Air untuk menjadi pelaku usaha cukup besar. Hal itu pula yang mendasari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) untuk mengincar sekitar 1 juta wanita di Tanah Air menjadi pebisnis dan pengusaha pada tahun 2015 mendatang.

"Sekarang 30.000 anggota di 32 provinsi di Indonesia. 2015 inginnya sampai 1 juta anggota. Makanya kita terus tingkatkan pelatihan-pelatihan di seluruh Indonesia," kata ketua umum IWAPI Dyah Anita Prihapsari, Senin (3/3/2014).

Guna mewujudkan ambisi itu, pihaknya berupaya untuk terus meningkatkan kualitas pengusaha wanita Indonesia, menyusul bakal diterapkannya Masyarakat Ekonomi ASEAN di 2015.

Menurutnya, kendala yang dihadapi para pengusaha wanita di Indonesia adalah dukungan teknologi informasi. Untuk itu IWAPI bekerja sama dengan PT Microsoft Indonesia dalam menerapkan teknologi di kegiatan usaha masing-masing anggota.

"Yang awal ini pilot project dengan Microsoft di Jabodetabek. Akan hadir 68 perempuan pengusaha untuk mengikuti pelatihan pemberdayaan pengusaha perempuan yang aman, menggunakan perangkat IT yang aman, legal, dan meningkatkan kemampuan bersaing. IT sangat penting, dalam menghadapi MEA," beber Anita.

Anita mengungkapkan, 85% anggota IWAPI bergerak di sektor usaha mikro dan kecil. Sektor usaha ini diakui masih minim dalam hal pengetahuan dan penerapan IT. "85 persen masih mikro dan kecil, mereka masih buta IT. Penggunaan IT agar mereka punya daya saing yang kuat dan tangguh," imbuh Anita. kbc10

Bagikan artikel ini: