KLH kembali gelar Pekan Lingkungan, apa saja isinya?

Jum'at, 30 Mei 2014 | 16:36 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pekan Lingkungan Indonesia (PLI) kembali digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Acara yang digelar untuk kali ke-18 ini dilaksanakan di Jakarta Covention Center mulai 29 Mei hingga 1 Juni, mengusung tema "satukan langkah lindungi ekosistem pesisir dari dampak perubahan iklim".

"Pelaksanaan PLI ini menjadi upaya pemerintah dalam melakukan perlindungan dan pengembangan program pro lingkungan. PLI juga melibatkan pihak swasta dan masyarakat," Deputi I Menko Kesra Bidang Koordinator Lingkungan Hidup dan Kerawanan Sosial, Willem Rampangilei.

Menurut dia, menjaga kelestarian lingkungan bukan hanya menjadi tugas pemerintah. Dalam hal ini, kata dia, pihak swasta juga bertanggungjawab menjaga dan manfaatkan hasil alam seefisien mungkin hingga kurangi dampak kerusakan lingkungan.

Sedangkan masyarakat , lanjut dia, bisa mengimplementasikan melalui program 3R dengan memanfaatkan kemali serta mendaurulang sampah yang tak terpakai. Selain itu bisa dilakukan dengan menanam pohon serta gunakan energi secara bijak.

"PLI jadi ajang tepat untuk masyarakat dan swasta agar dapat informasi yang benar untuk bisa mengubah sikap dan perilaku agar lebih ramah lingkungan. Permasalahan lingkungan hidup ini tidak dibatasi kewenangan wilayah tapi bisa diselesaikan dengan kerjasama bahkan antar negara," ujarnya.

Yang terpenting, tegasnya, semua pihak harus saling bahu membahu menghadapi perubahan iklim global. "Manfaatkan hasil alam secara bijak demi keberlangsungan lingkungan yang lestari melalui Gerakan Indonesia Bersih," tuturnya.

PLI ke18 ini mengusung konsep zero waste event (kegiatan nol sampah). "Tidak ada sampah yang keluar, sampah di kelola di lokasi agar tidak menambah beban limbah domestik," ujarnya. Pada saat penutupan acara PLI akan dipaparkan pula jumlah sampah yang dihasilkan dari kegiatan dan hasil pengolahan sampah tersebut sehingga dapat dihitung nilai ekonomi dari sampah-sampah tersebut. kbc11

Bagikan artikel ini: