Kapal cruise The World sandar di Tanjung Perak

Minggu, 29 Juni 2014 | 07:44 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Untuk pertama kalinya, kapal cruise The World sandar di Pelabuhan Tanjung Perak. Kapal berbendera Bahamas AS ini memiliki berat 43.188 GT (Gross Tonage), LOA (Lenght Over All) 196,35 meter ini tiba pukul 08.00 WIB pada hari Sabtu kemarin dan dan akan dijadwalkan akan meninggalkan Tanjung Perak pada besok Senin (30/6/2014) pukul 18.00 WIB untuk melanjutkan ke Karimun Jawa dan ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Kapal yang dinahkodai oleh Capt. Johan Dymes ini membawa 90 penumpang dan 278 crew kapal dan sebelumnya telah sandar di Pelabuhan Benoa.

Kedatangan kapal pesiar ini disambut langsung oleh General Manager PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak, Eko Harijadi Budijanto, dan perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya. Saat kapal sandar, seperti biasanya telah disuguhi hiburan tarian Jaranan sebagai tarian selamat datang yang digelar apron Dermaga Terminal Penumpang, dan musik tradisional karawitan/campursari (Baruna Budaya).

"Stand-stand dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya dan beberapa Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak juga turut buka stand dan menjual souvenir khas Jawa Timur. Selain itu juga telah disediakan stand money changer dari Bank Jatim, dan stand dari PT Posindo yang menyediakan perangko sebagai cinderamata," ujar Kepala Humas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Dhany R. Agustian, Surabaya, Minggu (30/6/2014).

Dalam kunjungannya ke Surabaya, ujar Dhany, para penumpang kapal berencana melakukan beberapa program perjalanan wisata, yakni mengunjungi House of Sampoerna dan pasar antik di Jl. Bodri Surabaya. Pada malam harinya juga akan disambut oleh Walikota Surabaya yang dikemas dalam acara Gala Dinner di kediaman Walikota. Dan pada hari ini, mereka akan dijadwalkan tour ke Bromo, dan kembali ke Surabaya pada hari Senin (30/06/14).

"Karena Terminal Penumpang Modern Gapura Surya masih dalam tahap finishing dan masih butuh penyempurnaan di berbagai bagian, maka kunjungan kapal pesiar masih di lokasi terminal penumpang sementara. Tapi untuk kunjungan kapal cruise selanjutnya yang dijadwalkan pada tanggal 11 Agustus 2014, MS. Sea Princess, kemungkinan besar para penumpang cruise sudah dapat menikmati fasilitas Terminal Penumpang Modern tersebut," terangnya.

Menurut Dhany, hingga Bulan Juni tahun 2014 Pelabuhan Tanjung Perak telah dikunjungi 9 unit kapal pesiar. Ini menunjukkan bahwa kota Surabaya merupakan salah satu destinasi bagi wisatawan mancanegara dan kita sebagai warga Surabaya harusnya bangga dengan wisata di Surabaya.kbc6

Bagikan artikel ini: