Di Australia, pesawat Malaysia Airlines nyaris tabrakan

Kamis, 31 Juli 2014 | 20:48 WIB ET

ADELAIDE, kabarbisnis.com: Maskapai Malaysia Airlines hampir saja kembali mengalami insiden terhadap armadanya. Kali ini, pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH136 nyaris nyaris tabrakan dengan pesawat lain di bandara Australia. Beruntung, menara pengawas yang waspada berhasil mencegah peristiwa itu terjadi.

Seperti diberitakan The Aviation Herald, insiden ini terjadi pada Selasa (29/7/2014) lalu di bandara Adelaide, Australia. Saat itu, pesawat Malaysia Airlines MH136 hendak tinggal landas menuju Kuala Lumpur.

Diberitakan, pesawat berpenumpang 167 orang itu telah memasuki landasan pacu nomor 5 dan mulai meningkatkan kecepatan untuk terbang. Namun menara pengawas memerintahkan agar tinggal landas dibatalkan dengan segera. Pesawat Airbus A330-300 itu direm di tengah landasan pacu.

Alasan menara pengawas, saat itu ada pesawat Tiger Airways nomor TT-449 yang hendak mendarat. Demi mencegah terjadinya tabrakan kedua pesawat, petugas menara memerintahkan MH136 untuk berhenti dan TT-449 untuk terbang memutar.

Dua belas menit kemudian, TT-449 berhasil mendarat setelah memutar. Sementara MH136 harus menunggu mesin siap bergerak setelah berhenti (cool-down time). Setelah 25 menit, MH136 tinggal landas menuju Kuala Lumpur dengan selamat.

Insiden ini menambah deretan peristiwa yang menimpa maskapai Malaysia Airlines. Pasalnya, saat ini sebagian mata dunia masih menunggu proses evakuasi pesawat MH17 yang jatuh di wilayah Ukraina karena ditembak separatis. Sebanyak 298 orang, termasuk 80 anak-anak tewas akibat insiden itu.

Sebelumnya pesawat MH370 juga disinyalir hilang dari radar pada 8 Maret lalu dan belum ditemukan hingga kini. Pesawat itu berisi 239 kru dan penumpang. kbc10

Bagikan artikel ini: