OJK: Besaran suku bunga kredit mikro idealnya 3%

Kamis, 28 Agustus 2014 | 21:35 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Salah satu penyebab sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air tak bisa berkembang pesat adalah masih tingginya suku bunga kredit perbankan untuk sektor ini. Melihat hal ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendesak industri perbankan untuk menurunkan suku bunga kredit mikro.

"Suku bunga mikro, sudah banyak jadi perhatian, kalau enggak salah Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) juga sudah menaruh perhatian memberikan fokus besar," kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad di sela acara Indonesia Banking Expo (IBEX) 2014 di JCC, Kamis (28/8/2014).

Diakuinya, selama ini banyak masyarakat yang mengeluhkan margin terlalu tinggi yang diterima perbankan. "Saya himbau kepada bank-bank terutama bank yang besar ya mari sama-sama kita turunkan bunga kredit mikro karena margin sebetulnya menurut saya sudah cukup besar," jelas Muliaman.

Mengenai besaran suku bunga mikro. Dirinya menyebutkan idealnya suku bunga mikro berada di level 3 persen. "Kalau kredit umum margin saja sekitar 5 persen, kredit mikro harusnya di bawah itu. Sekitar 3 persen," tukas dia.

Karena itu, Muliaman meminta perbankan mencari solusi yang terbaik, sehingga tidak ada yang dirugikan di kemudian hari. "Karena margin sebetulnya, menurut saya sudah cukup besar," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: