Pendatang baru bursa diwarnai perusahaan kelas menengah

Jum'at, 12 September 2014 | 12:45 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan-perusahaan kelas menengah mulai mewarnai Bursa Efek Indonesia (BEI). Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pada tahun ini banyak perusahaan-perusahaan kelas menengah yang melakukan penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering/IPO). Dalam waktu dekat ada dua perusahaan kelas menengah yang akan IPO, yakni Blue Bird Group Holdings dan PT Karisma Aksara Mediatama.

Kepala Departemen Pengawas Pasar Modal II-B OJK Yunita Lindasari, kedua perusahaan tersebut yang berencana mengajukan IPO masih menunggu izin dari OJK.

"Sedangkan total kapitalisasi dua perusahaan tersebut masing-masing sebesar Rp53 miliar," ucap Yunita di kantornya, Jakarta, Kamis (11/9/2014).

Menurut dia, jika dua perusahaan tersebut mendapat izin efektif dari OJK, maka total perusahaan yang melakukan IPO yang terhitung mulai awal tahun hingga dengan 5 September 2014 menjadi 22 perusahaan.

Yunita melanjutkan, untuk penawaran umum berkelanjutan (PUB) ada tiga perusahaan dengan total nilai kapitalisasi sebesar Rp1,7 triliun, dan untuk penawaran umum terbatas (PUT) sebanyak tiga perusahaan dengan total nilai Rp920 miliar.

"Target OJK kan hingga akhir 2014 kan 25 perusahaan. Sementara PT Bursa Efek Indonesia menargetkan 30 perusahaan melakukan IPO," paparnya. kbc10

Bagikan artikel ini: