Sarinah lirik konsep speciality store

Selasa, 23 September 2014 | 12:13 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan ritel plat merah, PT Sarinah terus berupaya menata konsep toko ritelnya, serta mengubah mengubah konsep bisnis gerainya, dari model department store menjadi speciality store.

Hal itu dikatakan Direktur Utama Sarinah Ira Puspadewi, Senin (22/9/2014). Dikatakannya, alasan mengubah konsep gerai ini bertujuan memperjelas segmen pasar. "Kalau kemarin kami agak kabur mendefinisikan customer, sekarang kami akan mulai mengembangkan speciality store bukan lagi department store," tandas wanita yang Juli lalu dipercaya menahkodai Sarinah ini.

Sementara Komisaris Sarinah, Sri Agustina menambahkan, berbekal konsep speciality store, Sarinah akan menempatkan ruang khusus untuk menjual batik dan mainan edukasi untuk anak-anak. "Ada beberapa hal yang perlu kami dorong namun tidak boleh meninggalkan ciri khasnya, yakni menjual batik dan kerajinan asal Indonesia," kata dia seperti dikutip dari Kontan.

Perubahan konsep itu adalah bagian strategi Sarinah menggenjot pendapatan ritel. Maklum, perusahaan itu masih mengandalkan pendapatan ritel sebagai kontributor pendapatan terbesar.

Selain ritel, Sarinah mengandalkan pendapatan dari usaha perdagangan dan bisnis penyewaan properti. Sayangnya, baik Ira maupun Sri Agustina belum bersedia menjelaskan target-target pendapatan ritel pada tahun ini.

Ira menyatakan, penuntasan pergantian konsep toko itu akan menjadi fokus Sarinah sebelum memutuskan untuk menambah gerai. Dus, perusahaan itu menargetkan akan menambah gerai pada tahun depan. Kalau tak meleset, Sarinah ingin menambah 10 gerai pada tahun 2015. kbc10

Bagikan artikel ini: