Industri otomotif incar penjualan mobil 1,2 juta unit di tahun depan

Selasa, 28 Oktober 2014 | 14:25 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kalangan pelaku bisnis otomotif yang tergabung dalam Gabungan Industri Kendaraan Indonesia (Gaikindo) menargetkan penjualan mobil tahun 2015 akan sama dengan 2014, yakni 1,2 juta unit.

"Sama seperti tahun 2014, kita masih menargetkan penjualan mobil mencapai 1,2 juta unit," kata Ketua Umum Gaikindo, Sudirman M Rusdi di sela serah terima jabatan Menperin di Kantor Kemenperin di Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Rusdi mengungkapkan, tidak berubahnya target penjualan pada tahun 2015 mendatang disebabkan oleh tiga hal. Pertama, yaitu karena faktor pertimbangan harga BBM.

"Kenaikan BBM tahun depan memang membawa pengaruh, tapi kita belum tahu berapa pengaruhnya. Dan itu masih kami kaji sama-sama," kata dia.

Faktor kedua, lanjut Rusdi, adalah karena nilai tukar mata uang, dan yang terakhir adalah faktor pertumbuhan.

"Tapi angka ini masih bisa berubah. Karena Gaikindo biasanya menetapkan target angka di akhir tahun, namun bisa di review lagi di akhir kuartal pertama," tambahnya.

Sementara itu mengenai penjualan mobil hingga kuartal ketiga, Rusdi menyebut sudah mencapai 930 ribu unit. Proyeksi hingga akhir tahun 2014 adalah 1,2 juta unit, yang hampir sama dengan proyeksi tahun lalu.

"Sementara untuk LCGC penjualannya mencapai 14 persen dari total penjualan. Untuk ekspor LCGC kuartal ketiga mencapai 140 ribu unit dan kami targetkan hingga akhir tahun ini ekspor 200 ribu unit," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: