Ganti logo, Campina bidik pertumbuhan 20%

Kamis, 27 November 2014 | 21:03 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Produsen es krim, PT Campina Ice Cream Industry (Campina) menargetkan pertumbuhan penjualan sedikitnya 20% tahun 2015 mendatang. Direktur Operasional Campina, Samudera Prawirawidjaja mengatakan pihaknya optimis konsumsi masyarakat akan kembali meningkat tahun depan setelah mengalami tekanan tahun ini.

"Tahun 2014 ini memang secara umum konsumsi masyarakat untuk produk dairy atau susu dan turunannya cenderung stagnan dan menurun, apalagi ditambah dengan naiknya harga BBM. Meski demikian kami optimis tahun depan konsumsi akan kembali naik dan penjualan kami akan ikut meningkat," ujarnya di sela pelouncuran logo baru Campina di pabrik mereka di Kawasan Industri Rungkut Surabaya, Kamis (27/11/2014).

Ia menambahkan, potensi pasar produk es krim di Indonesia masih cukup besar. Ditilik dari sisi konsumsi per kapita, Indonesia masih kalah jauh jika dibandingkan negara tetangga seperi Malaysia dan Singapura.

"Saat ini, konsumsi es krim per kapita Indonesia hanya 0,6 liter per kapita, jauh lebih rendah dibandingkan Malaysia yang sudah menyentuh angka 2,1 liter dan Singapura dengan 5,5 liter. Kedepan kami ingin menyusul ketertinggalan itu dan optimis bisa melebihi konsumsi perkapita negara tetangga," paparnya.

Untuk memenuhi target itu, Campina terus melakukan inovasi baik di bentuk maupun rasa. Tiap tahun, perusahaan yang didirikan 1972 tersebut, meluncurkan sedikitnya 5-6 varian baru.

Penambahan varian ini seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat serta mengatasi kejenuhan konsumen. Saat ini Campina mempunyai sekitar 70-80 varian es krim dari sisi bentuk dan rasa.

Untuk pemasaran, Campina saat ini sudah mempunyai jaringan pemasaran di seluruh Indonesia kecuali di Papua. Pasar terbesar masih berada di pulau jawa khususnya di Jakarta.

"Untuk distribusi ke daerah yang jauh dari pabrik kami di Surabaya, kami mempunyai banyak kendala khususnya di pengiriman. Kami ingin memastikan konsumen bisa mendapatkan produk dengan kualitas sempurna sampai di tangan mereka," imbuhnya. kbc8

Bagikan artikel ini: