Komputer terkecil sejagad ini hanya berukuran 0,5 cm

Kamis, 9 April 2015 | 14:48 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perkembangan teknologi tidak saja terletak pada fitur maupun software saja. Ukuran fisik juga mengalami perkembangan signifikan. Ini dilakukan guna memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin membawa perangkatnya ke mana-mana. Kali ini, sebuah komputer super mungil telah diciptakan.

Komputer mungil itu bernama Michigan Micro Mote, dan telah menyabet gelar komputer terkecil di dunia. Ya, ukuran komputer ini hanya setengah sentimeter atau sebesar bulir nasi.

Meskipun sangat kecil, Michigan Micro Mote termasuk komputer yang komplit sama seperti laptop atau PC. Untuk bisa disebut komputer lengkap, sebuah perangkat harus memiliki sistem input, pemrosesan, dan output data. Ketiga aspek itu dimiliki oleh Michigan Micro Mote.

Menurut sang pencipta komputer super mungil itu, Profesor David Blaauw, Michigan Micro Mote bisa dipakai sebagai pendeteksi suhu, suhu, hingga tekanan. Dan dengan adanya panel surya, komputer ini juga bisa terus hidup tanpa sumber listrik. Sayangnya, tidak ada layar di komputer mini ini.

"Sensor adalah input dan radio adalah out put dari komputer ini. Selain itu, agar bisa disebut komputer komplit, Michigan Micro Mote dibekali sumber energi sendiri yakni panel surya," jelas Profesor David Blaauw, Daily Mail (7/4/2015).

Lebih jauh, komputer Michigan Micro Mote bisa dipakai untuk sebagai sensor keamanan pada gadget masa depan yang bersifat rahasia, misalnya pada monitor kantor dan rumah. Dengan begitu, monitor tersebut lebih aman dari ancaman pencuri. kbc10

Bagikan artikel ini: